Pengguna Clubhouse Kini Bisa Simpan dan Dengarkan Kembali Diskusi dengan Fitur Replays

Clubhouse merilis fitur baru bernama Replays atau “Pemutaran Ulang”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat mendengarkan kembali diskusi yang telah terjadi di Clubhouse.


Replays merupakan fitur opsional yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan oleh para kreator di Clubhouse pada saat mereka melakukan diskusi di sebuah public room atau ruangan yang dapat diikuti oleh seluruh Clubhousers.


Saat fitur Replays diaktifkan, siapa pun dapat memutar ulang dan mendengarkan kembali diskusi yang terjadi di room tersebut kapanpun mereka mau.


Bahkan, mereka akan merasakan pengalaman yang sama seperti orang-orang yang bergabung secara langsung dan menyaksikan dinamika yang ada di room, seperti melihat pergerakan jumlah audiens yang keluar dan masuk silih berganti ke dalam room, serta momen spesial lain yang terjadi di room tersebut.


Saat ini, fitur Replays sendiri sudah bisa dinikmati oleh para pengguna smartphone baik iOS maupun Android.


Lebih lanjut, berikut adalah beberapa fitur khusus yang dapat  ditemukan pada saat menggunakan Replays:


1. Sematkan tautan di dalam room


Beberapa minggu yang lalu Clubhouse meluncurkan fitur Pinned Links, yang merupakan tautan eksternal yang dapat disematkan di dalam room.


Ini memungkinkan Anda untuk dapat bermain game bersama dari sebuah tautan, menunjukkan sponsor, menautkan suatu pendapat atau survei, membagikan tautan produk, menyelenggarakan penggalangan dana, menjual suatu tiket sebuah acara, dan menarik audiens untuk podcast atau buletin.


Dengan fitur Pemutaran Ulang (Replays), dan Tautan yang Disematkan (Pinned Links), Clubhouser semakin dapat menciptakan interaksi yang baik.


2. Berpindah dari pembicara satu ke pembicara berikutnya


Dengan fitur Replays ini, Anda dapat berpindah mendengarkan satu pembicara ke pembicara berikutnya.


Hal tersebut memungkinkan Anda untuk lebih fokus mendengarkan pembicara favorit atau suatu room yang disukai.


Tak hanya itu, Anda juga dapat berhenti sejenak, memutar diskusi kembali, memotong, dan mendengarkan jalannya diskusi 1,5 kali sampai 2 kali lebih cepat.


3. Melihat siapa saja yang bergabung di ruangan


Di podcast, biasanya Anda akan mengalami kesulitan untuk melihat siapa saja audiensnya. Di Clubhouse, Anda dapat melihat langsung siapa saja audiens yang mendengarkan percakapan Anda.


Dengan fitur Replays, Anda pun dapat melihat langsung audiens yang ada di dalam room, bahkan jika mereka mendengarkan dengan cara memutar ulang sesi tersebut.


4. Mengunduh audio


Pembuat room dapat mengunduh audio dari diskusi room sehingga mereka dapat mengeditnya dan menggunakannya secara bebas, misalnya sebagai podcast, klip di YouTube, Instagram Story, atau video TikTok, bahkan mereka dapat menambahkan tautan rekaman tersebut di artikel.


Fitur Replays juga dapat ditemukan di halaman Klub, profil pembicara (kecuali mereka memilih untuk menyembunyikannya), pencarian (mulai minggu depan), dan banyak lagi.


5. Jumlah Total Audiens yang Hadir


Hal menarik lainnya dari Replays adalah adanya informasi Total Attendee Count atau Jumlah Total Audiens yang hadir di room.


Menjadi suatu kesenangan tersendiri kalau Anda bisa mengetahui dan memberitahukan kepada orang lain bahwa terdapat sekian banyak orang yang bergabung di room Anda.


Mulai dari sekarang, pembuat room dapat melihat dan membagikan jumlah kumulatif orang yang bergabung di suatu room.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama