Malapetaka di Tengah Kemajuan Teknologi


Di tengah era globalisasi, manusia dihadapkan dengan kecanggihan teknologi. Segala lini aktivitas kehidupan manusia tidak akan terlepas dari penggunaan teknologi. Masyarakat modern saat ini dituntut untuk menggunakan dan menguasai teknologi informasi supaya mampu bersaing dan tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.

Teknologi telah mengalami kemajuan yang sangat cepat dan akan terus hadir teknologi-teknologi terbaru dan canggih yang dapat memudahkan aktivitas manusia. Adanya berbagai jenis teknologi dalam bidang-bidang kehidupan manusia dapat memudahkan untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.

Perkembangan teknologi memiliki sejarah panjang sejak zaman manusia purba. Teknologi komunikasi pada zaman manusia purba memberikan kabar kepada manusia purba lainnya dengan melukis di dinding-dinding gua. Pada zaman sejarah pola komunikasi manusia sudah mengalami kemajuan, manusia sudah menemukan dan menggunakan simbol-simbol huruf untuk berkomunikasi, pada zaman sejarah manusia berkomunikasi dengan menulis di kertas. Pada masa modern teknologi komunikasi telah memungkinkan informasi bisa menyebar sangat luas. Di masa ini sudah memasuki masa revolusi industri dengan di temukan koran, telegraf, telepon, mesin ketik, radio, televisi, hingga internet yang memudahkan manusia dapat berkomunikasi sekaligus menyampaikan informasi lebih cepat.

Sebelum mengenal kecanggihan teknologi modern, manusia menyelesaikan pekerjaannya menggunakan alat-alat tradisional seperti kayu, batu, dan lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman, dunia mengalami perubahan dan manusia dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Penggunaan dan penguasaan teknologi modern menjadi hal yang wajib dilaksanakan untuk tetap beriringan dengan kemajuan zaman.

Kehadiran teknologi modern yang semakin canggih dan mudah di dapatkan membuat manusia semakin mudah dalam menyelesaikan segala pekerjaannya. Mulai dari pekerjaan kantor, sekolah, aktivitas sehari-hari hingga petani sudah merasakan kecanggihan teknologi modern. Teknologi dalam bidang informasi, kemajuan informasi di tandai dengan mudahnya masyarakat dalam memperoleh atau mendapatkan informasi melalui internet dengan berbagai perangkat teknologi yang ada. Hadirnya telepon pintar atau smartphone dengan berbagai platform sosial media seperti Facebook, Instagram, WhatsApps dan lainnya merupakan bentuk kecanggihan teknologi modern.

Sementara dalam bidang transportasi, salah satu kemajuan teknologi juga dirasakan dalam bidang transportasi di mana adanya berbagai macam alat transportasi modern dapat memudahkan seseorang untuk mengangkat barang atau bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Hadirnya motor, mobil, kereta dan pesawat merupakan bukti kemudahan dalam mengakses teknologi modern. Begitu juga dalam bidang pertanian atau perkebunan yang saat ini tentu mengalami perubahan sangat cepat, proses menanam dan memanen sudah banyak petani yang memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Sedangkan dalam bidang ekonomi, perkembangan teknologi dalam bidang ekonomi dapat berupa perkembangan sistem keuangan yang di gunakan. Jika dahulu orang memerlukan transaksi secara real atau nyata, atau berhadapan langsung antara pembeli dengan penjual, namun kini beralih menjadi online. Perubahan lainnya yang bisa kamu rasakan adalah kehadiran e-money yang memudahkan setiap orang saat hendak melakukan transaksi. Tidak hanya dalam bidang pertanian, dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan teknologi informasi telah berganti menggunakan teknologi modern berbasis internet yang memudahkan manusia.

Perkembangan teknologi seakan menjadi pisau bermata dua, di mana selain membawa manfaat juga sewaktu-waktu bisa melukai manusia. Di balik kenikmatan teknologi modern telah menghadirkan malapetaka bagi umat manusia.

Dalam pandangan Hebert Marcuse, "Kecanggihan teknologi menghadirkan kemudahan, produktifitas hasil, efisiensi dan efektifitas pekerjaan akan tetapi dapat membuat manusia terasing dari dunia modern yang telah dibuatnya sendiri".

Pandangan Marcuse terhadap dunia modern dengan istilah (One Dimention Man) manusia satu dimensi, yaitu segala tujuan hidupnya hanya terdapat satu dimensi yaitu teknologi.

Seperti yang di katakan Hebert Marcuse, terdapat dampak negatif dari kemajuan teknologi modern. Hal ini merupakan malapetaka terhadap hidup manusia. Teknologi sudah membius manusia untuk hidup serba mudah dan instan yang menyebabkan gaya hidup manusia menjadi pemalas, karena hidupnya bergantung pada kecanggihan teknologi. Teknologi sudah membius manusia menjadi manusia individualistik. Hadirnya teknologi menjadikan manusia kurangnya hidup bersosial secara langsung, sehingga manusia menjadi individualistik. Teknologi telah membunuh humanisme. Teknologi telah menjadikan manusia tidak dapat berfikir kritis karena hidupnya bergantung kepada teknologi modern.

Pada intinya, kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan merupakan suatu hal yang tidak dapat kita hindari. Akan tetapi, kita dapat melakukan tindakan yang bijaksana terhadap diri kita sendiri, keluarga dan juga masyarakat luas agar kemajuan teknologi yang semakin canggih ini tidak sampai menggeser jati diri kita sebagai manusia yang memiliki rasa solidaritas antar manusia.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama