Gamers di Indonesia Capai 77 Juta, Perguruan Tinggi Diminta Berkolaborasi



Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof Nizam, meminta kepada akademisi perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk melihat potensi anak muda saat ini.


Di masa pandemi saat ini, tak sedikit orang yang bekerja di rumah dan kadang menghabiskan waktu bermain game online. Prof Nizam menyebut, ada puluhan juta Gamers di Indonesia saat ini.


“Pemain game di Indonesia sekitar 77 juta. Anak-anak kita semuanya pemain game,” sebut Nizam kepada wartawan dalam diskusi Fellowship GWPP.


Menurutnya, potensi ini seharusnya dapat dilirik oleh pihak perguruan tinggi untuk mengajak para anak muda agar bisa memberikan ilmu dan mampu menciptakan game lokal yang bisa menembus pasar internasional.


Betapa tidak. Saat ini, lanjut Prof Nizam, game di Indonesia lebih didominasi oleh game asal luar negeri.


“Tapi 99 setengah persen itu game impor. Kita pasarnya dikuasai (game) impor,” katanya.


Nizam pun berharap industri game di Indonesia seperti di Yogyakarta, Malang, Surabaya, Bandung, dan Jakarta bisa berkembang pesat dan tentunya dibantu oleh perguruan tinggi dan pemerintah.


“Dan ini, untuk membangun itu kita butuh kolaborasi. Kementerian Kominfo, oh kita butuh alat untuk telekomunikasi. Kita dorong perguruan tinggi untuk berkolaborasi mengembangkan,” jelasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama