Cara Downgrade Windows 11 ke 10

Windows 11 menghadirkan tampilan baru yang lebih fresh dan beberapa fitur menarik. Tapi, baik itu karena bug atau fitur yang disukai tak ada di sana, Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara downgrade Windows 11 ke 10 atau versi sebelumnya?

Microsoft membuatnya cukup sederhana langsung melalui halaman pengaturan Windows 11. Karean, setelah memutakhirkan dari Windows 10, Windows 11 sebenarnya menyimpan salinan Windows 10 di PC selama 10 hari.

Jadi, Anda  bisa kembali ke Windows 10. Perlu diingat, jika kembali ke Windows 10 dari Windows 11, Anda mungkin harus menginstal ulang beberapa aplikasi dan program. Apa pun yang Anda simpan di PC Anda saat Windows 11 juga tidak akan dibawa kembali ke Windows 10.

Sekarang, pertanyaannya bagaimana cara downgrade os tersebut? Ikuti langkah-langkah di bawah untuk kembali ke sistem operasi versi sebelumnya yang dikutip dari Digital Trends, Senin (15/11/2021).

Cara Downgrade Windows 11 ke 10
Langkah pertama: visit Windows Update di Windows 11
Untuk memulai proses downgrade Windows 11 ke Windows 10, Anda akan ingin menuju ke halaman pengaturan Windows 11. Tekan Windows Key and I di keyboard Anda saat berada di aplikasi apa pun, atau di desktop Anda.

Setelah itu, klik ke bawah ke Pembaruan Windows di bilah sisi. Ini adalah tempat yang Anda inginkan untuk beberapa langkah kami selanjutnya. Anda mungkin memperhatikan bahwa Pembaruan Windows adalah rumah bagi segala sesuatu yang berkaitan dengan perangkat lunak, pembaruan perangkat, dan penjadwalan, atau bahkan bergabung dengan program Windows Insider. Anda tidak perlu memikirkannya untuk saat ini, karena fokusnya hanya pada Riwayat Pembaruan di langkah berikutnya.

Langkah Kedua: Klik Update History
Selanjutnya, Anda ingin mengklik Update History di tengah layar Anda. Anda mungkin perlu menggulir ke bawah untuk melihatnya. Sesampai di sana, gulir ke bawah melewati daftar pembaruan yang diinstal untuk masuk ke Opsi Pemulihan.

Kembali ke Windows 10 melibatkan penggunaan cadangan yang disebutkan sebelumnya yang dihasilkan Windows 11 dan Opsi Pemulihan akan menjadi rumah untuk ini. Sekali lagi, perlu diingat bahwa Anda hanya akan melihat ini jika sudah 10 hari sejak Anda memutakhirkan ke Windows 11. Setelah 10 hari, opsi tersebut hilang, dan Anda harus melihat opsi lain.

Langkah Ketiga: Klik Tombol Recovery dan Go Back
Setelah Anda mengklik tombol Go Back, Microsoft akan menanyakan mengapa Anda memutuskan untuk kembali ke Windows 10. Anda dapat memilih salah satu opsi di layar Anda, atau mengetik jawaban Anda sendiri. Jawaban Anda membantu dalam proses pengembangan Windows 11. Setelah diisi, klik Berikutnya di bagian bawah.

Windows 11 kemudian akan menanyakan apakah Anda ingin memeriksa pembaruan. Ini mungkin membantu memperbaiki masalah yang Anda alami (seperti masalah kinerja dengan GPU AMD), jadi cobalah untuk mencobanya. Jika tidak berhasil, Anda dapat kembali mengikuti langkah sebelumnya, dan memilih Tidak, Terima kasih.

Langkah Keempat: Windows Akan Memprosesnya
Setelah Anda mengklik Next beberapa kali, Windows 11 akan memberi Anda tombol Go Back to Windows 10. Klik ini, dan Windows 11 akan melakukan keajaibannya. PC Anda akan kembali ke Windows 10 secara otomatis. Tergantung pada kecepatan PC Anda, rata-rata dibutuhkan kurang dari 5 menit. PC Anda akan restart sekitar dua kali, dan setelah itu, Anda akan dibawa kembali ke desktop Windows 10 Anda.

Cara Downgrade Windows 11 ke 10 Usai 10 Hari
Jika sudah lebih dari 10 hari sejak Anda meningkatkan ke Windows 11, maka metode disebutkan di atas tidak akan berfungsi. Untuk kembali ke Windows 10, Anda harus melakukan apa yang dikenal sebagai "instalasi bersih" sistem operasi Windows. Ini melibatkan menghapus semuanya dari PC Anda, dan mulai dari yang baru, jadi pastikan untuk mencadangkan file Anda.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengunjungi halaman unduh Microsoft Windows 10 di PC Windows 11 Anda dan cari Media Instalasi Buat Windows 10. Unduh alat, buka, lalu ikuti langkah-langkah di layar. Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memilih opsi untuk Meningkatkan PC Ini Sekarang. Ikuti semua petunjuk di layar Anda dan Windows 10 akan menginstal, mengembalikan PC Anda ke masa ketika masih baru.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama