Bug Bikin Google Pixel 6 dan 6 Pro Menelepon Sendiri ke Daftar Nomor Kontak?

Ponsel Google Pixel 6 dan 6 Pro dilaporkan memiliki bug yang membuat ponsel itu secara acak melakukan panggilan ke orang-orang di daftar nomor kontak. Beberapa pengguna melaporkan hal itu di situs web Reddit. Meskipun ada beberapa laporan yang agak membingungkan, Ponsel Google Pixel 6 dan 6 Pro dilaporkan memiliki bug yang membuat ponsel itu secara acak melakukan panggilan ke orang-orang di daftar nomor kontak. Beberapa pengguna melaporkan hal itu di situs web Reddit. Meskipun ada beberapa laporan yang agak membingungkan, tapi ada beberapa yang menjelaskannya cukup gamblang.

Sebagian besar sumber tampaknya setuju bahwa panggilan itu sendiri sebenarnya dilakukan oleh Google Assistant, tidak melalui perintah suara. Beberapa pengguna telah melaporkan ini terjadi saat ada obrolan dalam bahasa yang tidak dikenal oleh Google Assistant di telepon. 

Namun, sebagian lainnya juga melaporkan bahwa hal itu terjadi saat lingkungan yang sunyi, bahkan di tengah malam saat penggunanya sedang tidur. Beberapa pengguna yang terpengaruh dengan riwayat Google Activity yang diaktifkan di akun mereka bahkan telah masuk ke arsip untuk mendaftar kembali ke rekaman yang menurut Assistant memicu panggilan.

“Itu kedengarannya tidak seperti perintah untuk menelepon seseorang. Bahkan ucapan ‘Hai Google’ tidak diucapkan,” kata beberapa pengguna melaporkan.

Situs 9to5Google menguji keluhan itu dan mengalami sendiri beberapa keanehan yang mereka duga berkaitan dengan Google Assistant. Asisten pintar itu disebutnya terkadang mengalami kesulitan menafsirkan perintah pertama yang diberikan setelah pengguna membuka kunci ponsel.

“Dibutuhkan waktu lama untuk memproses dan sangat sering default ke perintah panggilan, dengan nama acak dari daftar kontak Anda,” kata 9to5Google.

Yang cukup menarik, reboot perangkat terkadang memperbaiki masalah untuk sementara dan beberapa pengguna lain berspekulasi bahwa itu karena data historis atau cache, mengacaukan Google Assistant. Kemungkinan data dari cadangan perangkat sebelumnya.

Bagian kecil terakhir dari teka-teki lebih lanjut menjelaskan mengapa ini terjadi pada ponsel Pixel yang terkunci di ruangan yang sunyi. Itu tampaknya ada hubungannya dengan opsi untuk memiliki ‘tanggapan Google Assistant di layar kunci’, artinya bahwa ponsel akan selalu mendengarkan pemicu ‘Hai Google’, dan salah mendeteksinya. Perbaikan sementara untuk sebagian masalah ini adalah dengan menonaktifkan Assistant responses on lock screen. 

Beberapa laporan mengklaim bahwa bug terjadi bahkan ketika mikrofon ponsel dimatikan dari sakelar privasi di bayangan notifikasi. Artinya bug tersebut sebenarnya tidak memerlukan input mikrofon atau Google mengabaikan sakelar privasinya sendiri. 

Bagaimanapun, ini tidak seperti banyak masalah lainnya, yang satu ini tampaknya tidak terkait dengan perangkat keras dan karenanya sedikit kurang mengkhawatirkan dalam jangka panjang. Faktanya bahkan beberapa laporan perangkat Pixel 3a dan 4a yang lebih lama dari Pixel 6 dan 6 Pro juga mengalami bug. Selain itu, Google tampaknya sudah mengetahui masalah ini dan sedang mengerjakan perbaikan segera.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama