Apakah Perkembangan Teknologi Sudah Diiringi dengan Perkembangan Moral?

Dengan perkembangan pesat dari kemajuan teknologi, informasi menjadi sangat mudah disebar. Perkembangan teknologi tidak hanya memengaruhi pada bidang pengiriman informasi saja, di zaman sekarang, hampir semua aspek kehidupan telah bergantung kepada teknologi, kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi yang menyebabkan teknologi terus dikembangkan. Dengan teknologi, kita dapat mengetahui berita tentang peristiwa yang ada di negara lain hanya dalam hitungan detik, hal ini tentu saja merupakan sebuah sisi positif dari perkembangan teknologi, tetapi, tentu saja di mana ada sisi positif pasti ada sisi negatif juga.

Seperti pisau bermata dua, perkembangan teknologi juga membawa dampak negatif terhadap kehidupan kita, dampak negatif tersebut di antaranya, penyebaran berita palsu atau hoaks yang makin mudah dilakukan, pembobolan data pribadi, ujaran kebencian, perundungan maya, dan masih banyak lagi, dampak negatif ini hanya bisa dibendung apabila teknologi digunakan dengan moral, moral merupakan etika atau perilaku manusia untuk melakukan tindakan yang positif dan tidak melakukan tindakan negatif.

Berbicara tentang moral, tentu saja kita akan berbicara tentang manusia, manusia merupakan makhluk sosial, bahkan dari zaman purba manusia membutuhkan manusia lain untuk bertahan hidup dan melanjutkan keturunan. Manusia merupakan makhluk berakal, sehingga dengan interaksi sosial maka manusia akan berbudi, bersikap baik kepada manusia lain dan menerapkan batasan pada diri sendiri sehingga terciptanya moral atau etika. Seiring perkembangan zaman, manusia selalu mengikuti perkembangan zaman tersebut dengan moral.

Dengan penggunaan teknologi tentu saja harus diiringi dengan moral, tanpa moral, maka pengguna teknologi akan sewenang-wenang melakukan tindakan yang negatif dalam memakai teknologi, tetapi dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, apakah moral juga ikut berkembang?

Dengan hadirnya teknologi, maka tercipta sebuah dunia yang disebut dengan dunia maya atau dunia virtual, di dalam dunia ini, setiap manusia memiliki kebebasan dalam menggunakannya, dan di dalam dunia maya, bantuan manusia lain tidak dibutuhkan sehingga interaksi sosial jarang terjadi. Manusia mulai sibuk dengan urusan masing-masing, hal ini menghambat perkembangan moral dalam perkembangan teknologi karena manusia mulai kehilangan alasan untuk memiliki moral yaitu interaksi sosial, sehingga menyebabkan dampak negatif dalam teknologi, seperti melanggar privasi, perundungan maya yang marak terjadi, dan salah satu contohnya adalah budaya yang disebut budaya pengenyahan. Dengan perkembangan teknologi dan dunia maya juga menyebabkan dampak pada dunia nyata, perilaku negatif yang ada pada dunia maya mulai memengaruhi perilaku dunia nyata sehingga terjadinya kemerosotan moral.

Moral sebenarnya dapat dikembangkan, dengan perkembangan teknologi seharusnya dapat mengefisienkan interaksi sosial yang dapat dijadikan sebagai kunci utama untuk mengembangkan moral, pendidikan moral sejak dini, pengawasan penggunaan teknologi dengan bijak, selalu membedakan dunia maya dan dunia nyata, dan memproses informasi yang ada pada dunia maya dengan akal sehat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama